Minggu, 23 November 2014

Hakikat Belajar dan Pembelajaran

Hakikat Belajar dan Pembelajaran

A. Pengertian Belajar
  Menurut Gagne (1984: ) belajar didefinisikan sebagai suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya akibat suatu pengalaman. Menurut Galloway dalam Toeti Soekamto (1992: 27) mengatakan belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi dan faktor-faktor lain berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya

B. Ciri – Ciri Belajar .
 Morgan menyebutkan bahwa suatu kegiatan dikatakan belajar apabila memiliki tiga ciri-ciri sebagai berikut. (a). belajar adalah perubahan tingkahlaku; (b). perubahan terjadi karena latihan dan pengalaman, bukan karena pertumbuhan; (c). perubahan tersebut harus bersifat permanen dan tetap ada untuk waktu yang cukup lama.

C. Jenis – jenis Belajar 
 1. Belajar Isyarat (signallearning)
Belajar melalui isyarat adalah melakukan atau tidak melakukan sesuatu karena adanya tanda atau isyarat.
2. Belajar stimulus-respon (stimulus response learning)
Belajar stimulus respon terjadi pada diri individu karena adanya rangsangan dari luar.
3. Belajar Rangkaian (cbaining learning)
Belajar rangkaian terjadi melalui perpaduan berbagai proses stimulusrespon (S-R) yang telah dipelajari sebelumnya sehingga melahirkan perilaku yangsegera atau spontan.
4. Belajar Asosiasi Verbal (verbal association lernig) 
Belajar asosiasi verbal terjadi bila individu telah mengetahui sebutan bentuk dan dapat menangkap makna yang bersipat verbal.
5. Belajar Membedakan (Discrimination Learning)
Belajar membedakan terjadi bila individu berhadapan pada benda, suasana, pengalaman yang luas dan mencoba membeda-bedakan hal-hal yang jumlahnya banyak itu.
6. Belajar Konsep (concept learning)
Belajar konsep terjadi bila individu menghadapi berbagai fakta atau data yang kemudian di tafsirka kedalam suatu pengertian atau makna yang abstrak.
7. Belajar Hukum atau Aturan (Rule Learning)
 Belajar hukum/aturan terjadi bila individu menggunakan beberapa rangkaian peristiwa atau perangkat data yang terdahulu atau yang sebelumnya dan menerapkan atau menarik kesimpulan pada data tersebutmenjadi suatu aturan.
8. Belajar Pemecahan Masalah (Problem Solving Learning)
 Belajar pemecahan masalah terjadi bila individu menggunakan berbagai konsep atau prinsip untuk menjawab suatu pertanyaan.

D. Pengertian Pembelajaran
 Istilah pembelajaran berhubungan erat dengan pengertian belajar dan mengajar. Belajar, mengajar dan pembelajaran terjadi bersama-sama. Belajar dapat terjadi tanpa guru atau tanpa kegiatan mengajar dan pembelajaran formal lain.
 Pembelajaran adalah suatu usaha yang sengaja melibatkan dan menggunakan pengetahuan profesional yang dimiliki guru untuk mencapai tujuan kurikulum. Jadi pembelajaran adalah suatu aktivitas yang dengan sengaja untuk memodifikasi berbagai kondisi yang diarahkan untuk tercapainya suatu tujuan yaitu tercapainya tujuan kurikulum.

E. Ciri – Ciri Pembelajaran
 Ciri – ciri pembelajaran adalah kegiatan yang mendukung proses belajar siswa, adanya interaksi antara individu dengan sumber belajar, serta memiliki komponen-komponen tujuan, materi, proses, dan evaluasi yang saling berkaitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar